Hati-hati Kepada Polip Hidung atau Alergi, Ini dia yang Patut Anda Tau

Hidung sering kali mampet, suara bengek, ada benjolan putih yang menonjol dari luar? Atau semenjak bulan terakhir terserang pilek yang tidak kunjung sembuh dan bersin-bersin, sakit kepala dan disertai hidung mampet, tenggorokan terasa penuh lendir atau sputum? Berbarengan dengan itu anehnya format hidung mulai terlihat tak sama besarnya lagi atau kerap dikatakan hidung bengkok?

Polip hidung adalah salah satu jenis penyakit tenggorokan, hidung dan kuping (THT) yang telah tak jarang kita dengar di masyarakat. Sebagian orang acap kali menyebutnya sebagai tumbuh daging dalam hidung. Polip hidung sebenarnya suatu pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak. Cek juga informasi seputar Obat Polip Jelly Gamat Gold G.

Polip hidung bukan penyakit yang murni berdiri sendiri, pembentukannya betul-betul berkaitan erat dengan persoalan/penyakit THT lainnya. Pilek yang berkepanjangan (sinusitis) rinitas alergi, asma radang kronis pada mukosa sinus paranasal, kista fibrosis, intoransipada aspirin an lain lain.

Dengan adanya faktor alergi dan radang kronis yang berulang-ulang, maka terjadilah perubahan pada mukosa hidung, pembuluh darah, dan juga pembuluh limfe. Situasi ini akan berkembang terjadinya hambatan balik cairan intertatial. Cairan yang berkumpul selanjutnya akan memunculkan semacam bendungan yang bersifat pasif, dari keadaan ini berkembang menjadi pembengkakan di mukosa hidung akan bertambah panjang sampai pada walhasil terwujud tangkai karenanya terbentuklah polip.

Polip biasanya tumbuh di daerah selaput lendir membengkak imbas penimbunan cairan seperti di sekitar lubang sinus pada rongga hidung, ketika baru terwujud sebuah polip tampak seperti air mata dan apabila sudah matang menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan.

Polip menyebabkan hidung tersumbat, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indra penciuman. Karena indera perasa berkaitan dengan indera penciuman. Maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indra perasa dan penciuman.

Berbagai keluhan pernafasan dan percernaan seperti sesak nafas (asma), batuk, radang paru-paru (bronkitis), sinusitis, polip, pilek menahun, sakit kepala (migran), alergi (bersin-besin), amandel, bau mulut, maag, ulu hati, asam lambung tinggi (sering kali mual) mudah masuk angin, dan lainnya bisa diatasi dengan gurah. Sistem gurah ini juga betul-betul tepat sasaran bagi perokok berat dan kecanduan miras dan narkoba.