Tips Mengobati Asam Urat dengan Biji Jintan Hitam

Habbatussauda atau yang dikenal juga dengan sebutan Jintan hitam yakni rempah-rempah yang acap kali digunakan sebagai obat herbal. Di Indonesia sendiri, kini Habbatussauda populer sebagai obat tradisional yang manjur dan aman untuk penyembuhan asam urat.

Habbatussauda mengandung gizi yang sungguh-sungguh tinggi, di antaranya minyak atsri, timokonon, vitamin A dan C, saponin, nigelon, asam lemak tidak jenuh (omega 3 dan 6), protein nabati, d-limonena, zat antiinflamasi dan antimikroba. Juga mengandung 9 asam amino essensial dan 15 zat asam amino yang berkhasiat dalam proses penyembuhan asam urat.

Tahukah Anda? Seandainya asam urat terjadi akibat seseorang terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin. Zat purin yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami penumpukan dan apabila diperbolehkan akan berubah menjadi asam urat. Jika berlebihan, ginjal tak akan mampu mengeluarkan zat purin yang mengendap tersebut ke kandung kemih.

Penggumpalan asam urat tersebut, akan makin banyak dan juga padat di dalam dan sekitar persendian. Situasi ini menyebabkan sendi terasa sangat nyeri, meradang kemudian timbul pembengkakan yang nyeri bila disentuh. Bila kadar asam urat berlebih di dalam tubuh, maka akan terjadi gangguan pada metabolisme asam urat.

Untuk mengobati asam urat dengan Habbatussauda, Anda dapat membuat ramuannya sendiri dan konsumsi 2 kali dalam sehari merupakan dengan sistem :
Siapkan 3-4 gram Habbatussauda lalu seduh ke dalam segelas air panas. Diamkan selama 10 menit. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai merata. Minum secara rutin.

Nah itulah tadi Khasiat Habbatussauda untuk Mengobati Asam Urat. Habbatussauda mempunyai efek panas sehingga amat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil sebab bisa mengganggu kesehatan janin. Bukan hanya untuk wanita hamil saja namun berlaku untuk semuanya, bila tanaman ini dikonsumsi dalam jumlah yang tak wajar dapat memberikan pengaruh buruk yang tak diinginkan.