10 Langkah Mengamankan Laptop Anda

                                     794024bf698e7ee76ba62993d541dd44ac82e4a4


Bepergian dengan laptop dapat mewakili risiko keamanan yang signifikan bagi bisnis Anda. Ini karena data yang dikandungnya jauh lebih rentan ketika Anda bepergian daripada ketika Anda menggunakan laptop di tempat yang relatif aman di lingkungan kantor atau rumah Anda.

Tidak harus dicuri; karena hanya perlu beberapa detik bagi seorang peretas untuk memasukkan stik USB ke laptop ketika itu tanpa pengawasan untuk menginstal perangkat lunak berbahaya atau mencuri data. Bahkan peretas yang relatif tidak canggih pun dapat menjalankan program seperti Mailpassview dari stik USB untuk mencuri detail akun email dan kata sandi email Anda.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko. Berikut adalah 10 hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga keamanan laptop Anda saat bepergian.

1. Gunakan Kata Sandi

Pastikan akun Windows Anda dilindungi dengan kata sandi. Laptop harus dikonfigurasi sehingga kata sandi harus dimasukkan setiap kali Anda menghidupkan mesin atau ketika keluar dari mode hibernasi, tidur atau screensaver.

Kata sandi akun adalah garis pertahanan pertama yang efektif, tetapi hanya jika Anda menghindari memilih kata sandi yang umum digunakan - dan karenanya mudah ditebak. Analisis kata sandi yang dicuri dari situs web selama insiden keamanan baru-baru ini mengungkapkan bahwa yang paling umum termasuk "kata sandi", "123456", "abc123", "qwerty" dan, anehnya, "monyet".

2. Disable Booting dari CD atau USB

Sangat mudah untuk mengubah atau menghapus kata sandi akun menggunakan program pengaturan ulang gratis seperti pogostick, atau menebak kata pendek menggunakan program "menebak kasar" seperti Ophcrack.

Tetapi menjalankan ini melibatkan mem-boot komputer dari CD atau stik USB, sehingga Anda dapat meningkatkan keamanan dengan menonaktifkan kemampuan untuk mem-boot dari salah satu perangkat ini. Ini dapat dilakukan dengan mengubah pengaturan pada sistem input / output dasar (BIOS) dasar laptop Anda - perangkat lunak bawaan dengan kode generik untuk mengontrol mesin - yang biasanya dapat diakses dengan menekan F1, F4, F10 atau Del segera setelah Anda nyalakan.

Untuk memastikan bahwa tidak ada yang bisa mengesampingkan pengaturan ini, lindungi kata sandi BIOS sehingga tidak ada lagi perubahan yang dapat dilakukan tanpa memasukkan kata sandi. Gamis Pesta Ini juga dapat dikonfigurasi dalam pengaturan BIOS.

3. Enkripsi Hard Drive Anda

Jika laptop Anda dicuri dari mobil atau kamar hotel Anda, biasanya tidak ada yang menghentikan pencuri melepaskan hard drive Anda dan memasangnya ke komputer lain. Melakukan ini memintas perlindungan kata sandi akun apa pun dan memungkinkan mereka mengakses data Anda dengan mudah.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan mengenkripsi hard drive laptop Anda. Drive terenkripsi hanya dapat diakses setelah kunci enkripsi diberikan - biasanya dalam bentuk PIN, kata sandi, atau dengan memasukkan stik USB yang berisi kunci.

Anda dapat mengenkripsi seluruh drive menggunakan BitLocker, utilitas enkripsi yang disertakan dengan beberapa versi Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Alternatif sumber terbuka gratis adalah TrueCrypt, yang juga berfungsi dengan Windows XP, Linux dan OS X.

4. Gunakan Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

Jaringan yang dapat diakses publik, seperti yang ditawarkan di bandara, pusat konferensi, dan kamar hotel, menghadirkan risiko keamanan khusus bagi pengguna laptop. Ini karena peretas yang dipersenjatai dengan program gratis seperti Cain dan Abel, Wireshark atau Ettercap dapat terhubung ke jaringan yang sama dan menguping email atau menyalin kata sandi saat mereka melewati jaringan.

Cara terbaik untuk melindungi data Anda dari intersepsi oleh pengguna jaringan lain adalah mengenkripsi data tersebut saat transit antara komputer Anda dan jaringan kantor Anda, menggunakan VPN perusahaan.

Jika Anda tidak memiliki akses ke VPN perusahaan, Anda dapat menggunakannya dari penyedia layanan seperti StreamVia atau StrongVPN. Ini memastikan data Anda dienkripsi dan dilindungi dari pengguna lain dari jaringan lokal publik.

5. Gunakan Email yang Aman

Kadang-kadang terbukti sulit untuk membuat koneksi VPN berfungsi, jadi sebaiknya memastikan bahwa setiap program email, sistem webmail, atau layanan email berbasis cloud yang Anda gunakan dikonfigurasikan untuk menggunakan lapisan soket yang aman (SSL) atau keamanan lapisan transportasi (TLS) . Ini memastikan bahwa nama pengguna dan kata sandi Anda, dan isi email Anda, dienkripsi saat mereka melakukan perjalanan di internet.

Layanan webmail seperti Gmail dan layanan berbasis cloud seperti Microsoft Office 365 dikonfigurasikan dengan cara ini secara default, tetapi email yang ditawarkan oleh banyak penyedia layanan internet tidak.

6. Lindungi Diri Anda Dari Pengguna Lain

Untuk perlindungan tambahan terhadap pengguna jahat yang terhubung ke pusat bisnis atau jaringan hotel yang sama, sambungkan laptop Anda melalui router perjalanan yang dihubungkan ke jack Ethernet

Router perjalanan seperti TP-Link TL-WR702N bertindak sebagai firewall perangkat keras yang sangat efektif yang membantu menjaga komputer Anda terisolasi dari pengguna lain di jaringan. (Sebagian besar komputer memiliki firewall perangkat lunak yang diinstal, tetapi ini dapat dinonaktifkan oleh virus dan perangkat lunak berbahaya lainnya.)

7. Periksa Kerentanan yang Diketahui

Saat Anda menyambungkan laptop Anda ke internet saat bepergian, Anda mungkin tidak dilindungi oleh sistem keamanan apa pun yang digunakan perusahaan Anda untuk memfilter email berbahaya atau menjauhkan Anda dari situs web berbahaya. Hal itu dapat mengakibatkan peretas mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak di komputer Anda untuk menginfeksinya dengan malware.

Untuk mengurangi kemungkinan ini, penting untuk memeriksa bahwa sistem operasi komputer Anda dan perangkat lunak lain telah diperbarui dengan tambalan keamanan terbaru.

Perusahaan keamanan Qualys menawarkan layanan gratis yang disebut BrowserCheck yang memindai komputer Anda dan memberikan tautan ke pembaruan untuk setiap perangkat lunak yang ditemukannya dengan kerentanan keamanan yang diketahui.

8. Jangan Kehilangan di Bandara

Puluhan ribu laptop hilang di bandara setiap minggu, dan hanya sekitar sepertiga yang dikembalikan ke pemiliknya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Ponemon Institute.

Salah satu cara untuk menghindari meninggalkan laptop Anda ketika Anda melewati keamanan atau dipanggil untuk penerbangan Anda adalah dengan memasang alarm kedekatan seperti Kensington Proximo, Proximity Tag atau Hippih hipKey ke tas laptop Anda.

Perangkat murah Baju Muslim ini mengirimkan peringatan ke ponsel cerdas Anda jika mereka mendeteksi bahwa mereka telah bergerak lebih dari beberapa meter dari Anda.

9. Jaga Stick USB Anda Tetap Aman

Jika Anda membawa stik memori USB untuk membuat cadangan dari pekerjaan Anda atau menyimpan data lain, penting untuk memastikannya seaman data di laptop Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan cara yang sama seperti Anda dapat mengenkripsi hard drive komputer - menggunakan TrueCrypt atau versi Microsoft BitLocker yang disebut BitLocker To Go (yang termasuk dalam beberapa versi Windows 7 dan Windows 8.) Setelah dienkripsi, memory stick hanya dapat dienkripsi diakses setelah memberikan kata sandi.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan drive USB dengan perangkat keras enkripsi dan fitur keamanan lainnya, tersedia dari perusahaan seperti IronKey. USB drive yang aman dapat dihancurkan sendiri jika kata sandi yang salah diberikan 10 kali berturut-turut, membuat pencuri tidak dapat mengakses data yang dimilikinya dengan berulang kali menebak kata sandi.

10. Kunci

Mungkin nasihat yang paling jelas, tetapi yang sering diabaikan, adalah menyulitkan pencuri oportunistik untuk pergi dengan laptop Anda.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan kunci Kensington - kabel logam yang dapat Anda lilitkan pada benda tetap yang cocok dan yang melekat pada laptop apa pun yang dilengkapi dengan slot Kensington.

Kunci Kensington tentu saja tidak memberikan keamanan total, karena kabel dapat dipotong atau mereka dapat dicopot dari laptop, tetapi cukup membuat banyak pencuri beralih ke hasil yang lebih mudah.