Tips Memulai Bisnis Ternak Lele yang Menguntungkan

Ternak ikan lele merupakan salah satu kans usaha menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. Di mana, lele ialah salah satu ikan tawar yang paling diminati, lebih-lebih oleh masyarakat Indonesia. Melakukan usaha ikan lele malahan tak sulit, karena ikan lele termasuk ikan yang gampang didapat dan sistem perawatannya malahan lebih mudah dibanding ragam ikan lainnya.

Untuk Anda yang berharap memulai bisnis budidya atau ternak lele, ikutilah beberapa tips di bawah ini agar usaha Anda berjalan dengan baik dan lebih gampang berkembang. Baca info mengenai Nama Ikan Hias disini.

Persiapkan Kolam Lele
Hal pertama sebelum memulai usaha budidaya atau ternak lele yakni menyediakan kolam, dapat dalam wujud tanah, terpal, ataupun semen. Pastikan kolam yang kamu buat memiliki ukuran yang besar sehingga mengurangi risiko ikan lele mati sebab kekurangan oksigen. Sesudah progres pengisian kolam, kamu juga semestinya menunggu sebagian hari sebelum menebar bibit lele ke dalam kolam. Sebab, kamu sepatutnya menunggu proses penyusunan lumut dan fitoplankton yang bisa menetralkan air kolam supaya tidak gampang keruh.

Pilihlah Benih Unggul
Dalam pemilihan bibit bahkan kamu tidak boleh asal. Anda patut memilih benih lele unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Lalu apa saja ciri bibit unggul pada lele? Bibit ikan lele yang unggul akan lebih gesit dan agresif dikala pemberian makan, ukuran lele tampak sama, warna sedikit lebih terang, dan sebagainya.

Pisahkan Lele Ukuran Besar dan Kecil
Ikan lele yakni macam ikan kanibal atau menyukai memakan sesama macam. Jadi untung menghindari risiko kematian pada lele, kamu bisa memisahkan lele yang berukuran besar dengan lele yang berukuran kecil. Dengan demikian itu, kamu tidak perlu khawatir, ikan lele memakan satu sama lain.

Observasi Progres Penebaran Bibit
Kekeliruan paling fatal yang dilakukan oleh peternak lele pemula yakni menebar benih lele seketika ke dalam kolam secara berbarengan. Hal ini tentu dapat membikin benih lele stres, sehingga menyebabkan kematian. Jadi cobalah gunakan ember, dan masukkan sebagian ember yang berisi benih lele ke dalam kolam. Kemudian diamkan kurang lebih 30 menit supaya bibit lele bisa keluar dengan sendirinya ke dalam kolam. Dalam penebaran bibit, akan lebih baik kalau kamu lakukan di pagi atau malam hari, sebab waktu hal yang demikian ikan lele cenderung lebih tenang.