Tentang Rencana Pembangunan Rumah Budaya di Daerah Pontianak

Pemerintah Sejarah serta Budaya Kalimantan Barat, Syafarudin Usman menganggap dan memperhatikan wacana Pemkot Pontianak dalam membangun rumah tradisi adalah langkah positif.

Dikala ini memang ada Rumah Melayu di Pontianak serta masih representatif dari Melayu Kalbar secara umum. Khusus untuk Kota Pontianak, menurutnya minimal memang patut memiliki rumah budaya untuk disinggahi wisatawan.

"Itu amat diperlukan untuk menggambarkan heritage yang ada di Kota Pontianak. Tak-lebih akan dibangun di tepian Sungai Kapuas dengan gaya dan arsitektur lokal, sehingga menunjukkan kecintaan dan motivasi kebudayaan yang ada,"ucap Syafarudin Usman saat diwawancarai.

Lalu, ia sarankan hendaknya suasana yang dibangun benar-benar nuansa yang menandakan Melayu secara umum. Tak ada menandakan Melayu dalam tingkatan-tingkatan tertentu. Cek beragam info mengenai kredit rumah Pontianak disini.

Sehingga benar-benar mencerminkan, suasana Melayu yang ada di Kota Pontianak. "Tak adalagi perdebatan, bahwa ini Melayu gaya ningrat dan ini Melayu pendatang, tetapi bangunlah tradisi Melayu dalam koridor kehidupan yang ada di Kota Pontianak," ujarnya.

Pembangunan ditepi sungai, ia tegaskan memang betul-betul pantas sekali, apalagi peradaban dan perkembangan Pontianak diawali dari tepian sungai.

"Inilah menunjukkan identitas kita, bahwa Pontianak yaitu kota sungai. Tapi lebih baik apabila ini direalisasikan serta bukan hanya sekedar wacana," ujarnya.

Selama ini ia mengamati usaha pengembangan budaya di Pontianak cukup baik. Budaya dia memberikan catatan apakah ini benar-benar disokong oleh institusi yang menaungi Melayu itu sendiri.

"Apakah MABM nya sudah serius mengagendakan kesibukan serta melestarikan Budaya Melayu yang ada," ucapnya.

MABM benar-benar berkeinginan mengayomi Melayu, Syafarudin Usman tegaskan seharusnya tak cuma pada saat event tertentu saja baru kelihatan.

"Minimal MABM harus ada institusi kajian, sejarah, tradisi, nilai-poin tradisi entang Melayu Kota Pontianak serta mendalami adat istiadat serta skor budaya Melayu yang ada," katanya.