Tahukah Kamu, Melepas Kail Pancing Dapat Bikin Ikan Kesulitan Makan

Banyak orang mempunyai hobi memancing, menunggu umpan pancing disantap ikan kemudian melepasnya lagi agar ikan bisa tetap hidup. Seandainya penghobi memancing merasa puas saat dapat hasil tangkapan, apa yang hakekatnya terjadi pada ikan?

Saat kail menikam mulut ikan dan kemudian ikan dilepaskan dari kail, kemampuannya untuk menangkap makanan menurun. Simak juga informasi perihal Umpan Ikan Bawal disini.

Ikhtisar tersebut telah teruji serta dipublikasikan dalam jurnal Experimental Biology. Menurut para spesialis yang terlibat dalam studi ini, kail pancing hal yang demikian sanggup menurunkan kemampuan makan ikan hingga 35 persen. Terutamanya ikan yang mencari makan dengan cara menghisap atau suction feeding.

Suction feeding adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan gaya ikan yang makan dengan metode mengoptimalkan mulut kemudian mengisap makanan. Beberapa spesies yang makan dengan sistem ini ialah kakap putih, salmon, dan trout.

"Studi kami mencoba mencari tahu apa akibat kail pancing pada ikan dikala dilepaskan," ucap penulis studi Timothy Higham, profesor biologi dari University of California.

Higham serta regu melibatkan dua golongan nelayan yang menangkap ikan dengan sistem berbeda. Golongan pertama menerapkan pancing serta kail, kelompok kedua menggunakan jaring yang tidak melukai mulut ikan.

Mereka menguji 10 ikan yang memiliki luka di mulut karena dicokok dengan mengaplikasikan kail serta 10 ikan tanpa luka yang ditangkap dengan jaring. Regu lalu menguji seberapa cepat serta seberapa banyak mereka mengisap makanan di lab.

"Kami melihat ikan yang mulutnya terluka kesanggupan makannya turun sampai 35 persen, ini lebih besar dari yang kami kira," ujar Higham.

Penurunan makan bisa menyebabkan permasalahan bagi populasi ikan, tapi lebih banyak studi masih dibutuhkan untuk memperhatikan akibat pada skala tersebut.

Melalui studi ini, Higham tidak menyarankan orang untuk berhenti memancing tapi dia berharap mengedukasi banyak orang tentang kerusakan yang ditimbulkan.

"Ketika memancing, kita bisa memilih ukuran kail yang bakal diterapkan. Aku pikir apabila kamu memilih mengaplikasikan kail berdiameter kecil, pengaruhnya bakal lebih kecil serta ikan masih bisa makan ketika dilepaskan," ujarnya.