Rekreasi Hutan Pinus Mangunan Dilingo alias Hutan Imogiri

Ekowisata telah menjadi kekuatan wilayah sekitar Yogyakarta, dengan membludak hutan, pegunungan dan air melompat tersembunyi yang menantimengharap untuk dilihat. Salah satu yang paling terkenal adalah hutan saru Imogiri yang terletak di Mangunan, di kecamatan Dlingo, di Bantul, sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Wisata Alam Terbaik di Jogja oleh pemerintah daerah, hutan masuk yang gratis ini sangat menawan oleh jajaran saru merkusii yang lebat dan pepohonan yang tinggi. Anda cukup perlu membalas parkir kendaraan Anda di lokasi.

hutan-pinus-mangunan.jpg

Lantaran terletak di dekat Imogiri, pengebumian yang dihormati bagi Baginda Mataram, dan tempat wisata marak di Yogyakarta, kebanyakan orang menyebut area ini sebagai Hutan Imogiri.

Sebelum ditanami atas pohon pinus yang indah, lahan seluas 500 hektare ini dulunya hanya sebidang tanah kosong. Sepanjang jalan menuju pintu masuknya, Anda hendak menemukan orang setempat mengundang Kalian untuk sewa tempat tidur sampai, yang katanya akan menciptakan Anda kian merasa nyaman beserta fotogenik untuk dibagikan. Situasi lain yang menarik untuk dikunjungi adalah mata air alami dan kebun buah.

Di Hutan Saru Mangunan Dilingo, Anda akan melihat barisan pohon-pohon yang pinus yang konstan dan menjulang tinggi sehingga binar yang masuk ke kawasan ini bakal terlihat sangat indah & jangan lupa untuk mengambil foto dan membagikannya di social media, ini pasti akan dikagumi oleh banyak orang.

Jamal dan individualitas yang ditawarkan Hutan Pinus Mangunan Dilingo mendatangkan banyak anak muda untuk melahirkan tempat ini menjadi tempat pemungutan foto popular terpenting untuk pre wedding.

Takhanya menjadi lokasi pengambilan gambar favorit, Hutan Saru Mangunan Dilingo juga jadi tempat tujuan pesepeda dari Yogyakarta. Jalurnya yang hijau dan meninggi sangat disukai pecinta olah badan sepeda gunung.

Ada pula panggung terbuka dalam rupa amfiteater melingkar yang terbuat dari kayu sehingga akan terlihat unik beserta menarik, sasana ini biasanya dipakai untuk pertunjukan seni serta tarian tradisional dari Yogyakarta. Panggung yang lebih kecil cawis untuk sesi pre wedding dan juga altar pernikahan untuk memenuhi ajakan tren ijabkabul di lhutan, seperti ijabkabul Bella dan Edward di film Twilight yang sungguh romantis. Dipercaya apabila pohon agung yang tumbuh tinggi & lurus melambangkan cinta asli sementara daun arun melambangkan cinta abadi.

Tidak jauh dari Hutan Saru Mangunan Dilingo yang menarik, kedapatan tempat wisata Puncak Becici bersama gardu memandang yang juga selalu digunakan selaku tempat selfie menurut anak muda.

Menuju Lokasi

Dari Jogja, berkendara ke selatan menuju jalan lingkar yang akan menuju Laluan Imogiri Timur, ikuti rute sampai Anda mencapai jalan Imogiri tiga alur dan mengambil ke kiri ke pemakaman Imogiri. Sebelum menjangkau ini, Anda akan melihat persimpangan tiga lainnya, lalu berbelit kanan menuju Mangunan, terus ikuti lurus ke depan sampai Anda mendapatkan bau pohon pinus aromatik. Sehingga Anda kenal Anda berposisi di tempat yang akuratnya.