Pertimbangan Temperatur dan Kelembapan dalam Progres Penetasan Telor

Menetaskan telur dengan mesin penetas telur yakni kesibukan yang menyenangkan. Ketelatenan, kesabaran serta kombinasi kecakapan untuk memperhatikan sangat di perlukan. Gambaran yang kurang pas berdasarkan kami untuk peternak pemula yaitu kemauan terlalu tinggi mengenai prosesntasi hasil menetaskan dari mesin penetas telurnya. Meski mesin penetas perlu penyesuaian dengan pemiliknya.

Dalam hal ini mesin penetas telur perlu disesuaikan dengan temperatur dan kelembapan. Di tahapan inilah di perlukan pengalaman dan ketekunan. Cara yang paling mudah memang dengan menitipkan telor di indukan ayam lain yang sedang mengeram. Tetapi hal ini terkendala dengan terbatasnya kapasitas telor ayam yang di erami oleh indukan ayam tersebut.

Suhu dan kelembaban berpengaruh kepada hasil tetas telur ayam, tinggi rendahnya tenaga tetas telur ayam bergantung pada suhu atau suhu dan kelembaban. Penetasan memerlukan temperatur maksimal untuk tumbuh supaya embrionya bisa tumbuh dan berkembang. Pengendalian temperatur pada Mesin Penetas Telur sungguh-sungguh membantu dalam meningkatkan tenaga tetas, kian rendah suhu kian rendah energi tetas, kian tinggi suhu kekuatan tetas juga menurun.

Pada dikala sebelum pemasukan telor, Mesin Tetas seharusnya di jaga suhunya supaya tetap konstan pada suhu optimum ( 37,8 ° C) dan kelembaban 65 %. Pada waktu penetasan suhu dan kelembaban telah stabil sehingga besar kemungkinan hasil tetasnya tinggi. Untuk itulah dibutuhkan termometer dan higrometer didalam Mesin Penetas Telur supaya mempermudah dalam pengecekan dan pengendalian.

PENGARUH SUHU TERHADAP DAYA TETAS TELUR AYAM
Suhu (C) Persentase Telur Fertil (%)
35,5 10
36,1 50
36,7 70
37,2 80
37,8 88
38,3 85
38,9 75
39,4 60

Dengan mengaplikasikan panduan tabel di atas anda bisa melihat dan mencocokan temperatur serta kelembapan untuk mendapatkan hasil tetas yang optimal. Memang dalam prakteknya jikalau Anda mengaplikasikan mesin penetas posisi daerah kemudian ketinggian dari permukaan laut akan berimbas dalam seting suhu ataupun kelembapan.