Lestarikan Budaya Indonesia Lewat Buku Kreasi Baju Daerah

Saat ini banyak orang yang kurang mengenal serta mendalami tradisi tempat di Indonesia. Contohnya saja dalam hal baju daerah di tiap-tiap provinsi di negeri ini. Malahan generasi muda terpenting para pelajar banyak yang tak mengenal pakaian daerah.

Keprihatinan itu menjadi salah satu faktor pemicu Yayasan Kemala Bhayangkara (YKB) untuk membuat buku bertajuk Kreasi pakaian daerah Indonesia Warisan Nusantara. Baca bermacam informasi perihal Keragaman Indonesia.

YKB ialah sebuah wadah berbasis yayasan, dengan dasar sebab adanya rasa tanggung jawab, rasa senasib sepenanggungan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan sebagai istri anggota Polri (Bhayangkari).

Yayasan Kemala Bhayangkara memiliki visi serta misi menolong aktivitas Bhayangkari di bidang Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan dalam mencerdaskan anak bangsa serta kesejahteraan keluarga besar Polri terutama serta masyarakat pada umumnya.

Didasari oleh keprihatinan terhadap perkembangan masyarakat ketika ini yang terdistorsi oleh isu SARA dan juga perkembangan teknologi kabar yang mengedepankan budaya di luar Indonesia, selaku Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari saat ini, Tri Tito Karnavian memiliki gagasan untuk ikut serta melestarikan kebudayaan Indonesia, secara khusus busana tradisonal.

Gagasan ini lalu direalisasikan dalam bentuk buku Kreasi baju daerah Indonesia Warisan Nusantara anggota Yayasan Kemala Bhayangkara sebagai regu penyusun. Buku ini memaparkan tentang baju dari 34 provinsi di Indonesia.

Kecuali membahas tentang busana secara tertulis, buku setebal 278 halaman ini juga memuat ilustrasi visual dalam bentuk foto. Kekayaan tradisi Indonesia bisa dilihat dari keragaman baju tradisional yang memiliki ciri khas dan karakter sesuai dengan daerah asalnya masing-masing.

Melalui buku ini, diharapkan para generasi muda bisa mengetahui dan memahami kekayaan dan kearifan lokal serta pesona ragam tradisi Indonesia. Yang unik buah hati-anak dilibatkan untuk menjadi figur dalam membawakan pakaian daerah tersebut.