JasTip, Jasa Beli Barang Dari Luar Negeri Sekalian Jalan-Jalan

Angela, wanita umur tiga puluhan ini jarang nampak di Indonesia. Ia bolak-balik ke luar negeri. Bukan sekadar jalan-jalan, tetapi berbelanja. Uniknya, bukan untuk dia sendiri, tapi buat orang lain.

Bermula dari permintaan sahabat serta kerabat yang mengetahui Angela sedang ada di luar negeri. Di antara sahabat dan kerabatnya itu meminta dibelikan sesuatu yang unik di negeri orang. Angela ingin saja. Apalagi kadang-kadang terdapat tip yang menyertainya. Lambat-laun semakin banyak yang menitip barang kepada dirinya.

Nyaris tidak tertahan, dalam dua tahun terakhir terhitung 62 kali Angela melakukan perjalanan wisata sekaligus menerima jastip. Tip yang dia peroleh malah menggiurkan, kisaran Rp5-6 juta. Malah, ia sempat mendapatkan tip lebih dari itu. Rekor tip jastip terbanyak sebesar Rp15 juta. Itu dikala dia melancong ke Italia.

Ya, Angela ialah salah seorang dari sekian banyak pelaku jastip. Ini ialah salah satu fenomena yang sedang ramai. Kian meluas berkat bantuan digital. Sebut saja media sosial seperti Instagram, atau platform yang mempertemukan pelaku dan pengguna jastip, seperti Airfrov Indonesia.

Cara jasa titip terbilang tidak ribet. Cukup kasih tahu barang apa yang diinginkan dan memberikan tip pada mereka yang berkeinginan membelikan. Tak mesti barang dari luar negeri, transaksi dalam negeri malahan dapat dilakukan. Simak beraneka info tentang Jasa Order Ebay.

Perbedaan yang cukup signifikan yakni jumlah barang yang dititipkan. Umumnya, pelaku jastip (yang membeli barang) tak bisa menerima pesanan dalam jumlah banyak. Cuma satu atau dua barang yang sama. Ini terkait alokasi bagasi serta regulasi dari maskapai. Kecuali itu, jumlah barang yang tak normal dapat dicurigai sebagai barang dagangan oleh Bea Cukai.

Jastip terlihat seperti transaksi personal yang tidak terawasi secara undang-undang. Tetapi, kongkritnya ada jual-beli di dalamnya. Sebab, prinsipnya, barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia disebut sebagai barang impor yang sepatutnya dikenakan biaya bea dan cukai.