Gemerlap Usaha Lighting Untuk Event

Lighting jadi elemen penting dalam setiap pentas hiburan. Maraknya pergelaran di Tanah Air malahan menyuburkan usaha lighting. Tak cuma pemain baru yang bermunculan, pasar bisnis penataan cahaya ini juga meluas ke berjenis-jenis tempat.

Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di negeri ini ikut serta mendongkrak industri hiburan. Tentu saja, maraknya industri ini juga menyeret usaha-bisnis lainnya. Salah satunya merupakan bisnis Tata Lampu (lighting) yang sering kali diterapkan pada acara pentas, pembuatan film, dan videoklip. Cek informasi tentang sewa lighting di manado.

Perangkat tata lampu jadi komponen penting dalam atraksi panggung hiburan, bagus yang dijalankan di studio maupun di alam terbuka pada malam hari. Pasalnya, penataan cahaya ini sanggup menghidupkan suasana dan jadi panorama menarik pada tiap-tiap pertunjukan.

Untuk menciptakan rangkaian lighting yang bagus, seorang penata cahaya sepatutnya trampil memainkan beragam tipe lampu dengan aneka warna untuk mewujudkan komposisi cahaya pentas yang spektakuler. Melainkan, kecuali penata cahaya, juga dibutuhkan banyak peralatan yang menunjang.

Musa Angelo, pemilik Angelo Production di Bogor, mulai menekuni bisnis ini tahun 2009. Ia bahkan mengakui, usaha tata lampu ini cukup menjanjikan. Namun, lanjut Musa, bisnis ini sebetulnya tak gampang. "Sekilas mungkin terlihat gampang, tetapi sejatinya dibutuhkan kreativitas untuk menata cahaya," ujar Musa.

Sedangkan seperti itu, penjaja jasa perapihan lampu pentas ini terus bermunculan. "Inilah tantangannya. Pemain baru selalu menawarkan harga yang lebih miring hingga meningkatkan persaingan," ujar Musa.

Musa menambahkan, gereget bisnis jasa lighting ini mulai terasa sejak membanjirnya acara layar kaca yang berkonsep pentas. Kecuali itu, maraknya pembuatan film dan video klip musik, yang memakai konsep lighting lebih simpel, juga memperluas pasar bisnis ini.

Tapi, Musa tetap optimistis, peluang untuk menerima keuntungan konsisten besar. Pasalnya, pemain yang fokus pada bisnis pencahayaan masih sedikit. "Kebanyakan penyedia jasa ini juga bergelut di industri production house (PH)," tegasnya.

Yang penting, pelaku bisnis konsisten kreatif. Musa bilang, kreativitas serta insting pencahayaan menjadi modal utama meraih kesuksesan di bisnis ini. "Pencahayaan ialah satu unsur penting yang mempengaruhi tampilan di layar. Jadi, kreativitas tidak bisa dipungkiri," tambahnya.

Apalagi, jasa lighting ini juga jadi bagian dari seni, sehingga pelaku industrinya juga bisa disebut sebagai penggiat seni. "Adakalanya, penata cahaya sering kali bereksperimen sebagai teknik improvisasi untuk menciptakan pencahayaan yang kuat," ujar pria yang baru berusia 25 tahun ini.