Curug Kedung Pedut : Air Terjun Dua Warna Di Gunung Menoreh Jogja

Kedung pendut, salah satu wisata air turun di jogja yang bersembunyi di deretan pegunungan menoreh, lebih teoatnya di kabupaten kulon progo. yang menjadi unik adalah curug kedung pendut memiliki beberapa corak yang berbeda di tiap-tiap kedungnya, ada yang bermotif biru tosca dan terdapat juga yang airnya bermotif putih jernih.

Buat menuju ke wisata alam curug kedung pedut enggak perkara mudah, sebelum sampai disana tamu harus naik turun gunung melewati jalur diatas perbukitan menoreh. masih ditambah lagi jalan aspal yang di sebagian wilayah sedang rusak dan masih dalam keadaan di perbaiki.

Tetapi sepanjang avontur dari arah kota jogja menuju ke curug kedung pedut, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah khas kulon progo, seperti bentangan ratusan hektar sawah atas metode tanam terasering, lalu naik ke pegunungan akan menemui tebing2 tinggi yang menarik.

wisata-compressed.jpg

Sebelum sampai di wilayah curug kedung pedut, pengunjung tentu melewati sebagian destinasi wisata , gunung lanang, kemudian goa kiskenda dan goa seplawan. Wisata Air Terjun di Jogja Paling Menarik pinggir2 rute akan banyak menemui papan alamat menuju ke wisata-wisata yang baru di menerangi oleh warga sekitar.

Perjuangan belum hingga disitu, setelah sampai di parkiran, pengunjung harus berjalan menuju ke sedang hutan sekitar 20 menit, oleh kondisi jalan masih amat alami dan memang sengaja belum di bangun bakal menjaga keasrian dan kealamian kedung pedut. Tentu nya hal semacam itu hendak memberikan tanggapan tersendiri bagi pengunjung.

Tetapi segenap akan terbayar lunas ketika tamu telah hingga di lokasi kedung pedut. Aliran sungai yang cerah, kedung-kedung yang penuh air yang sangat jernih. bagaikan menyambut para tamu yang datang. Jika memang membawa bekal blus ganti, tidak ada salahnya mencoba berenang di kedung pedut ini.

Di curug kedung pedut sorangan terdapat sebagian kedung yang berbeda, adalah Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok lalu Kedung Anyes. setiap kedung mempunyai kedalaman yang berlainan sekitar 2 hingga 5 meter.

Apabila diperhatikan di foto, warna biru tosca di kedung pedut nampak seperti perolehan editing, tetapi rona biru itu memang betul adanya. dan betul-betul alami tanpa di buat-buat. Rona biru tosca tersebut sebetulnya adalah perolehan dari pecahan bebatuan pegunungan menoreh yang terkena paparan kirana matahari, sehingga melukiskan warna biru tosca.

Kedung pedut sendiri sebenarnya msih satu peredaran dengan wisata alam yang lain nya, seperti liburan alam air terjun kembang soka yang memiliki air turun bertingkat beserta tuk mudal atau mata air mudal. Nah mata air mudal inilah yang sebagai sumber air natural bagi air jatuh kembang soka beserta kedung pedut.

Rute Serta Lokasi Curug Kedung Pedut Kulonprogo

Secara administratif, curug kedung pedut berlokasi di Kembang, Dusun Jatimulyo, Kec Girimulyo, Kulon progo, Yogyakarta. Kedung pedut berposisi di titik koordinat GPS -7.753590, 110.175914. Pada tahun 2015 desa jatimulyo merupakan peraih desa wisata terbaik bagian 2 di yogyakarta.

Untuk menuju ke kedung pedut sungguh mudah. dari kota jogja langsung menuju ke jalan godean. perjalanan di lanjutkan menuju ke arah barat arah nanggulan kulon progo. sampai di nanggulan tengah lurus naik ke pegunungan menuju ke arah goa kiskenda, setelah goa ambil kiri. sekeliling 5 kilometer. dikiri jalur pengunjung akan menemukan rumah petunjuk menuju ke kedung pedut.

Fasilitas Di Curug Kedung Pedut

Karena liburan alam kedung pedut masih dalam fase perintisan, tentu saja untuk fasilitas sebenarnya kurang cukup. Semua fasilitas di sekitar kedung pedut merupakan swadaya dari masyarakat setempat. Tapi untuk akomodasi seperti kamar mandi, kamarkecil, mushola dan kedai makan telah tersedia.

Area parkir di kira-kira kedung pedut pun cukup luas. Sampai ketika ini pengelolaan wisata alam kedung pedut masih di bawah naungan desa wisata jatimulyo dan pengelola nya sendiri didapat dari warga seputar kedung pedut.