Beberapa Kiat Mengaplikasikan Jasa Tukang untuk Membangun Rumah

Kamu pasti tidak berharap keluar banyak uang untuk membangun rumah, dengan hasil tak sepadan. Entah setelah selesai dibangun, rumah terbukti gampang bocor, atau pintu dan jendela sulit ditutup, atau dilema-keadaan sulit lain.

Griffith Tobing, konsultan arsitektur di Bossa Design, perusahaan jasa konsultasi arsitektur, berbagi kiat seputar apa saja yang patut Anda cermati dalam membangun rumah idaman.

1. Observasi rekam jejak tukang atau kontraktor
Ini amat penting untuk keberhasilan pembangunan. Jangan lupa tanyakan kepada kontraktor atau tukang bangunan yang Anda sewa: pernah menjalankan apa saja sebelum ini?

2. Ketahui apa yang berharap dijalankan
Anda perlu tahu rincian apa saja yang berharap kamu bangun atau renovasi, dan besaran profesi yang akan dibebankan terhadap tukang bangunan atau kontraktor.
Bila lingkup profesi sedikit, kamu dapat menyewa jasa tukang bangunan harian (dengan sistem pembayaran per hari. Namun kalau pekerjaan banyak, Anda direkomendasikan untuk menyewa jasa tukang bangunan borongan.

3. Buat kontrak tertulis
Ini juga penting, dan benar-benar diperlukan agar kontraktor bertanggung jawab atas pekerjaannya. Ini bahkan untuk berjaga-jaga jikalau nantinya ada permasalahan pada pembangunan, mulai rumah mudah rusak sampai roboh.

4. Pakai jasa konsultan arsitektur
Pengawasan arsitek benar-benar penting untuk kelancaran pekerjaan tukang. Sementara orang Indonesia masih jarang menggunakan jasa konsultan arsitektur untuk membangun rumahnya.

Sedangkan, arsitek juga membantu menghitung biaya yang patut dikeluarkan, memilih bahan cocok kebutuhan, sehingga Anda dapat terhindar dari pembohongan material yang diterapkan tukang, hingga mengawasi profesi tukang agar lebih tepat sasaran dan efisien.

Dengan kata lain, keberadaan arsitek justru dapat memperkecil pengeluaran. kamu bahkan bisa memilih jasa arsitek yang pantas dengan anggaran.

Poin kedua dari penjelasan Griffith menyangkut tukang bangunan harian atau borongan, kerap menjadi titik lemah mereka yang hendak membangun rumah. Baca info tentang tukang bangunan manado disini.

Tukang bangunan harian dan borongan ini dua macam yang berbeda. Untuk harian, pembayaran bayaran pekerja dihitung per hari. Semisal standar upah di Jakarta dan sekitarnya Rp 150 ribu per hari per tukang.

Standar upah harian juga tergantung luas bangunan yang dijalankan dan desain yang dibuat. Bila desain lebih rumit, harga akan lebih mahal.