Asyiknya Pulang Kampung Sembari Mampir ke Gunung Bromo

Siapa yang tak mengetahui keindahan Gunung Bromo. Tidak heran bila kawasan liburan ini senantiasa penuh Wisatawan, tak terkecuali para pemudik yang menghabiskan libur idul fitri tahun ini.

Salah satunya Sampurno. Warga autentik Probolinggo ini mengaku tiap tahun senantiasa pulang kampung bersama keluarganya. Namun dikala pulang kampung itu pulalah, Sampurno dan keluarganya senantiasa meluangkan diri untuk singgah ke gunung Bromo.

"Sekiranya sudah ke Probolinggo pastinya saya berkunjung ke Bromo. Karena gunung Bromo memang alamnya amat cantik, malah telah dikenal ke mancanegara," ujarnya.

Sampurno menambahkan keluarganya memang menyukai refreshing ke salah satu gunung berapi yang paling terkenal di Pulau Jawa tersebut.

"Kalau ke Probolinggo, tamasya idul fitri di Bromo dapat sekaligus untuk refreshing," tambahnya.

Kepala Seksi 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin juga mengucapkan sepanjang libur hari raya tahun ini. Jumlahnya dapat menempuh 3.000 Wisatawan atau naik 100 persen dari hari-hari umumnya.

"Mereka rata-rata warga Probolinggo dan sejumlah tempat lain. Malah warga luar negara malah juga ada yang datang ke Bromo," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo, Sidik Wijanarko menambahkan, selama libur hari raya, banyak kawasan tamasya di Probolinggo yang menjadi jujukan pelancong, salah satunya Gunung Bromo.

"Jadi mereka sengaja mendatangi Gunung Bromo di dikala berada di Probolinggo," jelasnya.

Tetapi Sidik mengaku tempat tamasya yang ramai dikunjungi warga masyarakat, tidak cuma di Gunung Bromo saja, tetapi juga daerah liburan lainnya seperti Patani Bentar dan Pantai Duta.

"Mereka berdatangan ke daerah liburan untuk berliburan ketika idul fitri bersama keluarganya," imbuhnya.