4 Tips Menggunakan Ducting Bawah Tanah

Kalau kamu berencana untuk membikin dari bawah tanah semua variasi layanan, itu wajib dijalankan di dalam sebuah ducting. Ini bakal menolong mencegah kerusakan pada layanan, serta juga mengingatkan orang lain bakal keberadaannya bila mereka menggali tanah. Empat tips berikut ini akan membantu Anda memasang pipa atau kabel dengan aman, serta menyediakan basis untuk penambahan layanan di masa mendatang dengan permasalahan minimal.

1. Pilih warna yang pas
Warna ducting bawah tanah yang kamu pilih sangat penting, sebab ini akan memberi tahu orang lain tentang variasi layanan yang ada di ducting hal yang demikian. Golongan warna yang paling lazim, yang ditunjuk oleh otoritas lokal, yakni sebagai berikut:

Hitam: listrik rumah tangga
Merah: listrik tegangan tinggi (lebih dari 500V)
Kuning: pipa gas
Biru: perpipaan air
Abu-abu: kabel telekomunikasi
Hijau: TV kabel / serat optik
Oranye: pensinyalan kereta api
Ungu: penerangan jalan raya

2. Pilih bahan yang ideal
Sekiranya saluran cukup panjang, pilihan terbaik yakni memakai ducting fleksibel, yang mempunyai dinding eksternal bergelombang untuk memberikan kekuatan ekstra serta dinding bagian dalam yang halus. Untuk lintasan yang lebih pendek, lazimnya diaplikasikan ducting kaku satu dinding PVC. Twinwall ducting dipakai pada zona yang membutuhkan tenaga ekstra, seperti di bawah beton berat di trek atau jalan. Memperoleh materi yang tepat untuk pekerjaan kamu adalah penting.

3. Pasang ducting Anda secara efisien
Cobalah memakai belokan sesedikit mungkin saat ducting Anda sepatutnya meniru rute yang terang. Kedalaman parit sekitar 30-45cm yakni yang terbaik, selain kalau memasang pipa air, yang memerlukan 75-135cm untuk menghindari risiko kerusakan. Simak informasi perihal finalpartings.com/harga-jasa-pemasangan-ducting/.

4. Pakai kabel draw untuk menggambar pipa / kabel melewati ducting
Draw cord membantu menarik kabel atau pipa lewat ducting dengan mudah. Mereka mengikat ke ujung pipa / kabel kamu sesudah kamu mendukung mereka via ducting, maka Anda cukup menarik kabel kembali untuk mengerjakan layanan kamu melalui ducting tanpa keonaran.

Beberapa ducting dilengkapi dengan kumparan ducting fleksibel yang meliputi kabel senur. Kalau milik kamu tak, maka Anda wajib membelinya secara terpisah.

Trik yang baik untuk membawanya via ducting ialah dengan menempelkan kain ke kabel yang cukup besar untuk mengisi ducting, namun cukup kecil untuk meluncur melalui itu. Pasang penyedot debu ke ujung ducting, membikin segel kedap udara dengan lakban. Lalu, jalankan penghisap debu selama beberapa menit sebelum memasukkan kain yang diikatkan ke kabel di ujung yang berlawanan, serta penghisap debu sepatutnya dengan kencang menariknya.